Desain Grafis dan Visual Branding
![]() |
https://desainarena.com/ |
Penting ga sih Visual Branding itu?
Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, desain grafis punya peran penting banget dalam bikin merek kita jadi dikenal dan juga dapat menjual produk atau layanan kita tawarkan. Teknologi terus berkembang seiring zaman, dan media juga semakin maju, Desain grafis memiliki peran yang tak terbantahkan dalam membentuk identitas merek yang kuat dan efektif dalam mempromosikan produk atau layanan. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi target audiens, serta menggabungkan kreativitas dengan strategi pemasaran yang solid, desainer grafis dapat menciptakan materi yang memikat dan mempengaruhi, membantu merek untuk bersaing di pasar.
Namun masih banyak yang kurang memahami peran dan kontribusi besar yang dimainkan oleh desain grafis terhadap branding dan pemasaran mereka. Literatur Review kali ini akan membahas terkait peran desain grafis dalam membangun branding.
Literatur Review Jurnal 1
Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual
Aplikasi desain grafis yang dibahas dalam jurnal tersebut memiliki berbagai fitur dan fungsi yang berbeda. Seperti Corel Draw digunakan untuk membuat desain logo, brosur, poster, dll. Adobe Illustrator digunakan untuk membuat ilustrasi, desain iklan, dll. Adobe Photoshop digunakan untuk mengedit foto dan membuat efek visual. Adobe After Effect digunakan untuk membuat video, efek visual, animasi, dan motion graphic.
Literatur Review Jurnal 2
Peran Graphic Designer Dalam Mempromosikan Brand Everfresh
Penulis Jurnal: Eddy KusnadiTahun Terbit: 2021
Desainer Grafis memiliki peran yang sangat penting dalam industri advertising dan marketing. Mereka bertanggung jawab untuk menciptakan grafis yang persuasif dan menarik untuk produk perusahaan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Smith et al. (2018), disebutkan bahwa desainer grafis harus memiliki kemampuan untuk menggambarkan kualitas produk dengan jelas dan membedakan produk dari pesaing agar dapat menarik perhatian konsumen potensial. Desain yang menarik dan efektif dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, seperti yang diungkapkan dalam penelitian oleh Johnson (2019).
Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan penggunaan kuesioner/angket sebagai instrumen pengumpulan data . Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain grafis yang menarik dan persuasif yang dibuat oleh Desainer Grafis dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan menjadi kunci keberhasilan dalam pemasaran sebuah produk
Dalam konteks promosi brand Everfresh, peranan desainer grafis menjadi sangat penting dalam komunikasi visual dan pemasaran. Desainer grafis harus memiliki keahlian dalam berbagai aspek aspek yang terkandung dalam desain grafis untuk menciptakan sebuah karya visual yang kreatif, efektif, dan efisien agar brand dapat berhasil dipromosikan. Hal ini sejalan dengan temuan dari studi yang dilakukan oleh Brown (2017), yang menekankan pentingnya desain grafis dalam marketing karena desain yang menarik dapat mempengaruhi minat audiens sasaran terhadap produk yang ditawarkan. Tanpa adanya desain grafis yang menarik, produk atau perusahaan akan kesulitan menarik perhatian dari para pelanggan. Selain desain yang menarik, strategi branding atau pemasaran juga harus dilakukan dengan tepat.
Literatur Review Jurnal 3
The Correlation Of Graphic Designer In The Business's Brand Identity
Korelasi Desain Grafis dalam Identitas Merek Bisnis
Tahun Terbit: 2020
Desain grafis memainkan peran penting dalam membangun identitas merek dan memengaruhi perilaku konsumen. Hal ini membantu dalam menciptakan logo yang unik dan juga menarik yang membentuk persepsi konsumen melalui dari sebuah produk maupun sebuah iklan. Sedangkan Branding memberikan identitas dan jiwa pada sebuah merek, mencakup visi misi, nilai, sikap, layanan, dan desain visual. Desain grafis dan branding bekerja sama untuk membentuk sebuah identitas merek (Brand Identity) yang kuat dan menjadi pembeda bisnis di pasar.
Signifikansi Desain Grafis dalam Pemasaran dan Branding Bisnis meliputi Warna merek, karakteristik citra merek, faktor yang mendorong penggunaan desain grafis, dan dampak desain grafis dalam identitas merek bisnis adalah pertimbangan penting dalam strategi pemasaran. Desain grafis secara signifikan memengaruhi perilaku konsumen dan membantu dalam membedakan bisnis dari pesaing di pasar.
Metodologi Penelitian dan Temuan Penelitian pada jurnal menggunakan penelitian kualitatif melibatkan 5 responden untuk mengevaluasi dampak desain grafis terhadap identitas merek mereka. Temuan utama menunjukkan bahwa desain grafis berkontribusi pada identitas merek bisnis dan meningkatkan konsistensi dalam pesan pemasaran. Studi ini relevan untuk industri multimedia dalam memahami proses penciptaan proyek desain yang memengaruhi branding dan pemasaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan analisis naratif, mengungkapkan hubungan signifikan antara desain grafis dan identitas merek (Brand Identity) perusahaan.
Desain Grafis dan Branding berjalan beriringan. Hubungan yang signifikan antara keduanya adalah desain grafis dapat menjadi kerangka dan branding adalah kehidupan, tubuh dan jiwa. Desainer grafis dianggap sebagai kurator desain visual dan identitas di mana mereka memastikan semua komponen visual desain menarik, konsisten, kohesif dan menarik. Logo, paket, label, poster, selebaran, brosur, desain web, poster, agunan pemasaran adalah elemen visual yang membentuk kerangka dasar merek yang kuat - sehingga setiap elemen ini harus konsisten dengan branding agar dapat beresonansi secara efektif dengan target audiens dan akan menciptakan daya tarik emosional. Jika semua komponen visual yang diperlukan untuk pengembangan merek dilakukan dengan benar, bisnis akan memiliki kerangka yang berfungsi penuh.
Hasil Kesimpulan:
Kesimpulan dari 3 literatur review diatas adalah bahwa desain grafis memiliki peran yang signifikan dalam membangun sebuah identitas merek bisnis, memengaruhi perilaku konsumen, dan juga meningkatkan keberhasilan dalam pemasaran produk atau jasa.
Para Desainer grafis harus terus
mengembangkan kreativitas mereka melalui aplikasi grafis guna menciptakan dan
menghasilkan konten yang menarik dan persuasif. Keterkaitan antara desain
grafis dan juga branding ternyata sangat
erat, di mana
Dengan demikian, pemahaman yang mendalam tentang desain grafis dan branding dapat membantu dalam menciptakan identitas merek yang kuat dan juga sebagai pembeda dari bisnis di pasar lainnya
Widyana A & Walyuanto H Dwi. (2022). Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra. Vol 1
Kusnadi E. (2021). Peran Graphic Designer Dalam Mempromosikan Brand Everfresh. Jurnal Pariwara, Universitas Bina Saran Informatika, vol 1, 41-45
Mark Timothy S Evangelista, Benigno B Agapito, Jr. (2020). The Correlation Of Graphic Designer In The Business's Brand Identity. Filipina: Universitas MapĂșa
Komentar
Posting Komentar